pengantar basa basi :)

selamat datang di blog stevanny putri. smoga dalam blog ini bisa bermanfaat dan kalau ada saran , kritik , ataupun masukan bisa diberikan :)

Kamis, 11 Agustus 2011

Fasilitas-fasilitas Dalam Internet

Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang fasilitas-fasilitas yang terdapat dalam internet. Tentu kita sudah tidak asing lagi mendengar nama WWW. Karena pada saat kitab membuka internet, kata WWW pasti kita gunakan. Bukan hanya www yang akan saya bahas, search engine, email, forum diskusi juga akan dibahas. Selamat membaca :)

1. World Wide Web (WWW)
   www merupakan fasilitas yang berisi database terdistribusi. Anda bisa mengakses informasi, gambar, video, fil, suara, dll. Misalnya untuk mencari berita , anda bisa membuka web kompas (http://www.kompas.com)


2. E-mail (Electronic Mail)
    E-mail digunakan untuk berkomunikasi atau berhubungan langsung dengan orang lain melalui surat elektronik. Dengan menggunakan email, anda dapat mengirim pesan, teks, gambar, file atau dokumen, dll. Email yang paling populer saat ini adalah yang berbasiskan web, misalnya Yahoo!Mail dan Gmail. Keduanya menyediakan layanan email gratis.

3. Blog
    Blog merupakan situs web yang dikelola oleh perorangan, biasanya berisi catatan pribadi, lingkungtan kegiatan , dan materi lainnya seperti gambar atau video pribadi. Blog sering disebut juga catatan harian digital. Untuk membuat blog, anda b isa mendaftar ke situs web yang menyediakan fasilitas blog seperti blogger (http://www.blogger.com)


4. Toko Online
    Terkadang, beberapa perusahaan, wiraswasta,dll menjual dan menawarkan barangnya melalui toko online. Di toko online, pembeli tidak harus datang ke tempat pembeli melainkan langsung memesan secara online dan kemudian barang akan dikirim ke rumah kita masing-masing. Biasanya, cara pembayarannya dengan transfer melalui rekening.

5. Mailing List
    Merupakan fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan fasilitas e-mail. Mailing List yang paling populer adalah Yahoo!Groups.

6. Forum Diskusi
    Dengan kecanggihan bahasa pemograman saat ini, Anfa dapat berdiskusi tentatang topik tertentu menggunakan Internet. Misalnya untuk berdiskusi soal komputer dan teknologi informasi, anda dapat menggunakan forum CHIP Indonesia (http://forum.chip.co.id). Perbedaan forum diskusi dengan mailing lis adalah pada sarana yang digunakan. Forum diskusi menggunakan sarana web sedangkan mailing list menggunakan sarana e-mail. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika ada yang ingi memberikan komentar, silahkan tulis di bwah ini .